Jumat, Juli 08, 2011

Remaster Ubuntu 10.10 dengan Reconstructor (Project UAS)

Diposting oleh Dina Oktariani di 02.32

DOSEN : GEDE SUWECA

MAKALAH REMASTERING LINUX UBUNTU

OLEH :
LUH KOMANG DINA OKTARIANI (090010868)

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN
TEKNIK KOMPUTER (STMIK) STIKOM BALI 2011

Pengertian Remastering

Remastering (istilah diambil dari proses produksi audio) merupakan suatu proses mengubah perangkat lunak untuk distribusi pribadi atau penggunaan “off-label” (dan distribusi yang sering, tergantung pada legalitas hukum yang terlibat).

Hal ini terutama berkaitan dengan Linux distribusi dunia (sebagian besar distribusi Linux dimulai dengan remastering (terutama Slackware dari SLS Linux dan Yellow Dog Linux, Mandriva, dan TurboLinux dari Red Hat Linux serta Ubuntu). Istilah ini di populerkan oleh Klaus Knopper, pencipta Knoppix Live Distro, yang secara tradisional telah mendorong para penggunanya untuk meng-hack distribusi dengan cara ini untuk memenuhi kebutuhan mereka yang tepatnya, Knoppix sendiri merupakan remaster dari Debian.

Hasil remastering Linux adalah Linux yang mirip dengan Linux induk namun telah mengalami beberapa modifikasi yang membuatnya berbeda dibandingkan dengan Linux induk, misal tema tampilan, perangkat lunak yang terbundel dengannya dan sebagainya.

Cara Remastering Linux Ubuntu

Ada beberapa macam cara untuk remastering Linux, disini saya menggunakan metode reconstructor. yang perlu kita persiapkan adalah ruang hardisk yang cukup (minimal 3 GB, lebih besar lebih baik), instalasi Reconstructor, file iso Ubuntu 10.10 versi desktop.

1. Membuat Remaster Ubuntu 10.10

Jalankan Reconstructor dari Aplications –> System Tools –> Reconstructor

Pilih “next” untuk melanjutkan.

2. Pilih opsi “Desktop (LiveCD)” lalu klik tombol “Next”


3. Pada langkah ini, centang semua opsi yang tersedia lalu masukkan lokasi tempat penyimpanan file iso Ubuntu 10.10 versi desktop.




klik “Next” untuk melanjutkan. Ini akan memerlukan beberapa waktu untuk proses extract file iso kedalam folder kerja Reconstructor

4. Pada halaman “Customization”, abaikan tab “Boot Screen” karena kita tak dapat menerapkan perubahan. Pada tab “Gnome” kita dapat memasukkan wallpaper, theme dan juga icon yang ingin digunakan, lalu klik tombol “ChrootX” di bagian bawah untuk langsung menjalankan desktop remaster.




5. Centang opsi yang diminta lalu klik tombol “GNOME”


6. Pilih resolusi yang paling aman, dalam contoh ini saya memilih resolusi “800×600”.


7. Desktop remaster telah berhasil djalankan pada jendela Xerphyr.


9. Jika ingin mengganti desktop background, theme, icon dan fonts, klik kanan lalu pilih “Change Desktop Background”



10. Jika dirasa cukup, tutup jendela desktop remaster sehingga kita kembali ke jendela Reconstruktor. Klik tombol “Apply” untuk menerapkan perubahan lalu klik tombol “Next”.


11. Pada jendela “Select components to build”, centang semua opsi kecuali opsi “Remove W32 version” lalu masukkan nama file iso yang akan dibuat dalam kolom “Filename” dan masukkan nama CD distribusi dalam kolom “Description”. Klik tombol “Next”, proses remaster dan pembuatan file iso akan dimulai, ini akan membutuhkan beberapa waktu.


12. Proses remaster selesai, klik tombol “Finish” untuk mengakhiri.


Remastering menggunakan reconstructor telah selesai. Selamat mencoba remastering dengan metode ini. Terima kasih.  

DAFTAR PUSTAKA

http://blog.uin-malang.ac.id/selamethariadi/2011/01/24/cara-remaster-ubuntu-10-10-dengan-reconstructor/

http://rhieyouedogawa.wordpress.com/pengertian-remastering/

0 komentar:

Posting Komentar

 

Annyeong! Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea